Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Lumajang Gelar Rakor dan Singkornisasi Data Persiapan Rekapitulasi DPSHP pada Pilkada Serentak 2024

dpshp

Rakor dan Singkornisasi Data Persiapan Rekapitulasi DPSHP pada Pilkada Serentak 2024

Bawaslu Kabupaten Lumajang menggelar rapat koordinasi dan Singkornisasi data persiapan rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) pada Pilkada serentak 2024, Sabtu (14/09). Agenda ini bertempat di ruangan media center Bawaslu Kabupaten Lumajang dan dihadiri oleh Ketua KPU Lumajang dan Panwascam se Kabupaten Lumajang. 

Henariza Febriadmadja selaku Ketua KPU Lumajang menyampaikan dalam sambutannya, terkait sinergitas KPU dan Bawaslu Lumajang harus terus dijaga. Saat ini merupakan tahap singkornisasi data pemilih, jika tidak ada halangan pleno terbuka penetapan akan digelar pada tanggal 19 atau 20 mendatang.

"Sinergitas kami, KPU dan Bawaslu harus terus terawat. Kita hari ini melaksanakan singkornisasi data pemilih. Jika tidak ada problem, rapat pleno terbuka penetapan DPT Kabupaten Lumajang akan dilaksanakan pada tanggal 19 atau 20 Bulan sekarang (September)," Ujarnya. 

Lanjutnya, dirinya menyampaikan kepada seluruh panwascam se Kabupaten Lumajang bahwa gudang logistik sudah clear dan bertempat di depan Kantor Desa Kutorenon. Untuk itu, koordinasi KPU dan Bawaslu terus dilakukan agar data-data yang telah dihasilkan dari DPSHP dapat terjaga dengan baik. 

"Alhamdulillah gudang logistik sudah clear, lokasinya di depan Kantor Desa Kutorenon. Saat ini masih proses pembersihan. Mari kita jaga bersama-sama terkait data hasil DPSHP yang telah dilakukan PPK," Tambahnya. 

Sementara itu, Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Lumajang Muhammad Syarifuddin Lubiz, menuturkan tahapan akan terus berlanjut sampai nanti pada saat pencoblosan. Dilanjut dengan tahap rekapitulasi dan penetapan. Selalu utamakan menjaga kesehatan dan ketika ada problem segera dilakukan komunikasi. Hal ini dilakukan guna mencegah adanya hal-hal yang me ghambat proses tahapan kedepannya. 

"Hari ini tahapan akan terus berlanjut sampai nanti pada saat pencoblosan, rekapitulasi, dan penetapan. Maka dari itu, jaga kesehatan sampai Pilkada Serentak 2024 selesai digelar. Dan ketika ada masalah di bawah, segera dilakukan win win solution agar tidak menghambat jalannya tahapannya," Tuturnya. 

Lanjutnya, terkait netralitas Kades dan Perangkat Desa harus dilakukan pengawasan oleh Panwascam di kecamatan masing-masing. Terutama pada media sosial. Dirinya mengatakan jika ditemukan sesuatu yang mengandung unsur Hoax atau SARA segera dikomunikasikan ke Bawaslu Lumajang. 

"Metode kampaye sekarang banyak dilakukan di media sosial. Untuk itu panwascam harus mengawasi sedetail mungkin. Jika ditemukan informasi-informasi Hoax atau mengandung Unsur SARA segera dilakukan komunikasi dengan kami," Pungkasnya. 

Muhammad Syarifuddin Lubiz menambahkan, bahwa proses DPSHP ke DPT, diskusikan pada kesempatan hari ini. Mengingat sudah selesainya pleno di tingkat PPS dan PPK. 

"Terkait DPSHP menuju DPT, kita berembuk disini untuk menindaklanjuti mengingat sudah tidak ada pleno lagi ditingkat PPS dan PPK, ketika kemarin ada sarper yg belum ditindaklanjuti maka kita komulir," Tutupnya

Penulis : Dan & Nyo

Foto : Dincs